In House Trainning – Implementasi Kurikulum Merdeka

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim telah mengganti kurikulum pendidikan Indonesia menjadi Kurikulum Merdeka Belajar. Sebelumnya, kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Meskipun penerapan Kurikulum Merdeka Belajar belum sepenuhnya dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia, namun pemerintah terus mendorong instansi pendidikan untuk beralih ke kurikulum yang baru ini. Dan guna menunjang pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar, aneka bahan mulai dari assesment, perangkat ajar, sampai dengan proses implementasinya dapat diakses dari laman https://guru.kemdikbud.go.id/.

Pada tahun ajar 2023 – 2024, SMA Adhi Luhur memutuskan untuk memulai mengimplementasikan Mandiri Berubah untuk kelas X, sementara untuk kelas XI dan XII masih akan menggunakan Kurikulum 2013. Guna mempersiapkan diri akan perubahan tersebut, pada tanggal 19 dan 20 Juni 2023 dilaksanakanlah In House Trainning atau Pelatihan Mandiri. Dari peserta guru kelas X, satu dengan yang lain saling berbagi pembelajaran mengenai elemen, topik, capaian hingga Kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) yang memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran.

Pada intinya, In House Trainning tersebut adalah merupakan upaya belajar bersama mulai dari pengenalan, pemahaman sampai dengan perencanaan implementasi Kurikulum Merdeka Fase E (Kelas X).

Mari “serentak bergerak, wujudkan Merdeka Belajar”

     

     

     

     

     

     

 

You may also like...